6 Khasiat Jagung Untuk Kesehatan

manfaat jagung untuk kesehatanJagung merupakan salah satu biji-bijian sereal paling populer di dunia. Jagung memiliki banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, tiamina, riboflavin, niasin, folat, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium,  zinc, serat, karbohidrat, energi, protein, lemak, pati dan gula. Berkat kandungan tersebut sehingga membuat jagung memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

6 Khasiat Jagung Untuk Tubuh Manusia

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat jagung untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut :

  1. Melindungi Kesehatan Mata

Katarak adalah salah satu penyakit yang paling umum di dunia dan penyebab utama kebutaan. Infeksi dan usia tua adalah salah satu penyebab utama dari penyakit ini, tetapi gizi juga mungkin memainkan peran penting. Asupan makanan antioksidan, terutama karotenoid, seperti zeaxanthin dan lutein, mungkin memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan mata. Maka, jika mengkonsumsi jagung secara teratur akan memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mata.

  1. Menurunkan Resiko Wasir

Kandungan serat yang terdapat di dalam jagung yang diperlukan dapat mendukung menurunkan gangguan pencernaan seperti wasir dan sembelit. Serat dapat mendukung BAB, yang mendorong gerak perisraltik dan hingga mendorong pembentukkan empedu dan asam lambung. Kondisi ini bisa meredakan diare.

  1. Menghindari Anemia

Kandungan asam folat dan vitamin B12 di dalam jagung yang bermanfaat dalam menghindari anemia yang ditimbulkan dari kekurangan vitamin ini. Jagung pun mempunyai tingkat zat besi yang penting dan mineral utama yang diperlukan dalam memproduksi sel darah merah baru. Jika kekurangan zat besi ternyata salah satu pemicu utama penyakit anemia juga.

  1. Kaya Akan Kalori

Jagung adalah sumber kalor yang tinggi dan selalu digunakam sebagai makanan penting. Kandungan kalori di dalam jagung termasuk jenis sereal yang meningkay. Kondisi ini menjadikan jagung selalu dikonsumsi demi memperoleh berat badan yang pesat.

  1. Kaya Akan Vitamin

Jagung merupak sumber vitamin B, terutama niacin dan thiamin. Kandungan nutrisi ini juga penting dalam melindungi fungsi kognitif dan kesehatan saraf. Jika mengalami kekurangan niasin bisa menimbulkan penyakit yang diawali dengan diare, dermatitis dan demensia yang biasanya diperhatikan bagi orang kekurangan gizi. Jagung adalah sumber asam lemak, protein, karbohidrat dan asam pantotenant. Jika ibu hamil mengalami kekeurangan asam folat bisa menimbulkan kelahiran anak yang cacat tabung saraf. Biji jagung kaya akan vitamin E berubah menjadi antioksidan alami yang sangat berguna untuk perlinddungan dan perkembangan tubuh.

  1. Sumber Mineral

Jagung memiliki mineral yang meningkat dan bermanfaat tubuh. Tembaga, zat besi, seng, mangan, magnesium dan fosfor yang terkandung di dalam jagung. Tanaman ini pun memiliki kandungan mineral seperti selenium yang susah didapatkan untuk bahan makanan lainnya, fosfor sangat utama dalam mengendalikan perkembangan, fungsi ginjal dan kesehatan tulang yang maksimal. Magnesium dibutuhkan untuk menambah kekuatan tulang dan melindungi denyut jantung stabil.

Baca artikel sebelumnya tentang 6 Khasiat Bunga Sepatu Yang Perlu Diketahui

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat jagung untuk kesehatan tubuh, setelah mengetahui semua manfaatnya maka tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi jagung secara teratur dan tidak berlebihan agar mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Source : www.webmd.com

 

 

 

Bagikan Artikel Ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *